Kamis, 02 April 2009

ELOK is GOOD

ELOK NIAN................

Assalamu'alaikum sahabat semua.
Salam sejahtera selalu. amin.

Dear you, friend.

All of you , How are you now ? Let us share together about some thing good in our life.
we could started by a nice word : "elok" it is similiar with "good" , "nice" .

Elok,adalah sebuah kata yang digunakan untuk :
1____ budi pekerti seseorang yang menawan hati
2____ penggambaran keindahan yang alami
3____ kehati-hatian dalam berbuat


Contoh 1. "Elok betul perangai (sifat) tetangga sebelah rumah kita"
2. "Pantainya masih elok,sedap dipandang mata"
3. "Dalam melangkah meraih cita,elok-eloklah di rantau orang,nak "

Karena keindahannya, tulisan 'halus kasar' atau yang juga dikenal dengan sebutan 'tulisan tegak bersambung' dinamakan 'tulisan elok'. Coba ingat,semasa duduk di bangku SD dahulu, untuk wilayah pulau Jawa,apalagi Jawa Barat, para guru secara rutin memberi tugas membuat tulisan tegak bersambung yang kadar kehalusan dan ketebalan tarikan pensilnya demikian terlihat jelas, kepada murid-muridnya. Kebetulan guru SD saya di Santa Maria Pekanbaru ( di era tahun 70an) mewajibkan seluruh murid untuk menyetorkan tulisan halus-kasarnya.

Sosok dengan tingkah laku nan elok, tentu akan membuat aman dan nyaman orang-orang yang berada di sekitarnya. Yah...lebih kurang seperti alam yang elok.... dipandang,hmm... menenangkan hati,menggairahkan semangat hidup,bahkan tak jarang memberi inspirasi lahirnya ide-ide baru. _________ itu, seperti ..(siapa,ya ? lupa . Ada yang bisa membantu saya? Ayo,bisikkanlah padaku dengan lirih namun jelas, lewat tulisanmu) seorang lelakiJepang yang berhasil menciptakan mesin kartu elektrik bagi penumpang kereta api , karena saat mengaso di pinggir sungai kecil, ia tertegun melihat sampah dedaunan yang terbelokkan dengan sendirinya akibat tertahan oleh dinding/turbin sungai. Maka iapun "AHA..!"

Sst... kawan-kawan, kita jeda sejenak, baik ? Okay ?
Lain waktu kita sambung lagi. Disini kelak Insya Allah, kita akan bicara tentang keelokan-keelokan lain yang banyak kita temui di sekeliling kita. Kebetulan , sebagai insan yang diberi gelar "Si Ibu Syair" tentu pembahasan tentang aspek-aspek kebahasaan yang ringan tak akan ketinggalan. Moga blog ini akan bermanfaat bagi lestarinya bahasa Indonesia, sekaligus hal-hal lain yang mengiringinya. ( Ayo....sudah pada koor mengucap 'amin', belum ? Amin....amin! )




1 komentar:

  1. Ya, saya jadi ingat , betapa kata "elok itu lebih banyak digunakan oleh kalangan tertentudan tampaknya juga untuk kondisi yang amat khusus. Yah, sepertinya bermuatan sastra yang kental, begitu. Kesannya juga "sopan pisan.... kata orang Sunda. Hm... baik sekali jika ada blog yang bisa menghidupkan kosa kata lama yang sudah mulai disempitkan penggunaannya.
    Saya akan ikuti terus. Okay... I will keep in touch with you. It is good.

    Any way,Thanks.
    azafabu@yahoo.com

    BalasHapus